6 KESALAHAN FATAL FACEBOOKER

Menurut survey, 30% perusahaan pake Facebook buat menilai calon pegawainya. Jadi, jangan sembarangan nulis ato meng-upload sesuatu di account Anda. Hindari 6 kesalahan fatal di bawah ini.

1. Foto profil yang kurang “sopan”..
Sekilas sih emang gak ada yang salah kalo pasang foto di profil yang menunjukkan pose menggoda ato lagi minum minuman keras. Tapi kalo foto itu diliat ama atasan perusahaan tempat anda kerja, imej profesional anda pasti langsung jatoh..

2. Mengeluh tentang pekerjaan..
Bisa berupa keluhan tentang pekerjaan yang numpuk di kantor, ato uneg-uneg akan atasan yang gak kompeten. Mengeluh itu wajar, tapi kalo anda melakukannya di forum publik, bakalan lain lagi ceritanya, waspada aja..

3. Menulis sesuatu yang bertentangan dengan isi CV..
Misalkan anda udah nulis CV dan perusahaan udah terima CV anda, pasti dia nge-cek di Facebook, sesuai nggak ama yang ada di CV..?? Misalkan, anda nulis 1984 sebagai tahun lahir anda di dalem CV, tapi di Facebook tahun lahir anda sesungguhnya 1979 (nah lohh..). Sekecil apapun perbedaan data diri itu, tetep aja anda beresiko dicap nggak jujur. Minimal ceroboh dan tidak teliti, padahal kan syarat pegawai baik di mata perusahaan adalah JUJUR. Kalo nggak jujur yahh, berubah aja dahh, mumpung masih sempet..

4. Menulis status “mengadu”..
Hati-hati kalo nulis status kayak, “Ronald nggak masuk hari ini karena “sakit”, padahal jelas-jelas dia lagi liburan di Bali. Sementara gw terkurung ama kerjaan yang numpuk di kantor.” Bukan cuma nama baik teman anda aja yang dipertaruhkan, tapi juga kredibilitas anda sendiri. Anda akan terlihat licik dan nggak bisa dipercaya..

5. Nggak pake fasilitas Privacy Setting di Facebook..
Kita kan bisa ngatur siapa aja yang bisa ngeliat profil lengkap kita, siapa aja yang nggak bisa ngeliat foto-foto tertentu, dsb. Sayangnya, nggak semua “Facebookerz” memanfaatkan fasilitas ini. Malahan banyak yang nggak ngerti ato nggak tau sama sekali..

6. Pencemaran nama baik..
Anda udah mengejaga halaman Facebook anda baik-baik sehingga terlihat profesional. Tiba-tiba ada temen meng-upload foto anda yang sedang mabuk ato segala macam perilaku yang terlihat kurang bagus dan bikin orang laen “illfeel”, dan tentunya tak lupa men-tag anda. Kalo publik udah tau kejelekan kita kan bisa gawat kemana-mana ntar. Makanya, Rajin-rajinlah nge-cek Facebook anda, jadi kalo ada hal-hal yang nggak diinginkan kayak tadi bisa langsung menghapusnya..

Tinggalkan komentar